Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

lamaaaaa ga posting yang pertama sibuk, alih profesi, sekolah menyambut dengan adanya

1. kinerja kepala sekolah

2. akreditasi.

menyebabkan mata di depan monitor tapi ga posting ada banyak karya prota, promes, silabus dll. selanjutnya nyusul habis lebaran🙂

semoga istiqomah di jalan nulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/semester: IV/1

Pertemuan ke  : 1-2

Alokasi waktu : 3×35 menit

  1. I. Standar Kompetensi
    1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya.
    2. II. Kompetensi Dasar

1.1.    Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

1.2.    Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh

  1. III. Indikator
    1. Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya
    2. Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
    3. Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka
    4. Memberi contoh cara  merawat alat indera.
    5. Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.
    6. IV. Tujuan Pembelajaran
      1. Siswa dapat menjelaskan kegunaan rangka manusia
      2. Siswa dapat menyebutkan nama bagian-bagian rangka tubuh manusia
      3. Siswa dapat mempraktekan sikap duduk yang baik untuk menjaga bentuk rangka
      4. Siswa dapat menyebutkan makanan yang baik untuk kesehatan rangka
      5. Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan tulang.
      6. V. Materi Pembelajaran

Rangka manusia, bagian-bagiannya, fungsi dan pemeliharannya

  1. VI. Metode

Ceramah, tanya jawab, diskusi

  1. VII. Langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

  • Pendahuluan
    • Apersepsi
    • Penyampaian tujuan pembelajaran
    • Kegiatan inti
      • Pengorganisasian kelompok, tiap kelompk 3 orang dengan nomor urut yang telah ditentukan.
      • Tiap kelompok memperoleh tugas dari guru
      • Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya
      • Guru memanggil anggota dari tiap kelompok satu per satu sesuai nomor yang dimiliki, siswa melaporkan hasil diskusi dan mengulasnya.
      • Jika sudah selesai siswa diberikan waktu untuk saling menjelaskan jawaban ke temannya sampai selesai.
      • Guru menyakan kembali materi yang belum dipahami dan membahasnya.
      • Penutup
        • Siswa menyimpulkan hasil diskusi dibantu guru
        • Pemberian tugas.

Pertemuan kedua

  • Pendahuluan
    • Apersepsi
    • Penyampaian tujuan pembelajaran
    • Kegiatan inti
    • Pengorganisasian kelompok, tiap kelompk 3 orang dengan nomor urut yang telah ditentukan.
    • Tiap kelompok memperoleh tugas dari guru
    • Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya
    • Guru memanggil anggota dari tiap kelompok satu per satu sesuai nomor yang dimiliki, siswa melaporkan hasil diskusi dan mengulasnya.
    • Jika sudah selesai siswa diberikan waktu untuk saling menjelaskan jawaban ke temannya sampai selesai.
    • Guru menyakan kembali materi yang belum dipahami dan membahasnya.
      • Penutup
        • Siswa menyimpulkan hasil diskusi dibantu guru
  1. VIII. Sumber/Alat/Bahan

Buku paket, buku lain yang relevan, kerangka tubuh manusia.

  1. IX. Penilaian

Contoh instrumen: Kita dapat  berdiri tegak karena adanya….

Mengetahui,                                                                  Sumberejo,

Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran

_______________                                                                    ________________

NIP.                                                                                                   NIP.

About smartlearner
I'm only ordinary people..., integrity, indeferrent... (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: