penelitian

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH MX PADA SISWA KELAS VIII A

SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Oleh

Dini Murdaningsih

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendiskripsikan keterlaksanaan proses peningkatan pemahaman konsep materi pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan melalui macromedia flash MX pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 9 Yogyakarta.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus tindakan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII A SMP Negeri 9 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi aktivitas siswa serta soal. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan dengan cara statistik deskriptif.

Hasil penelitian setelah dilakukan 2 siklus tindakan menunjukan bahwa proses  pembelajaran melalui macromedia flash MX  dapat meningkatkan pemahaman konsep. Hal ini ditunjukan dengan hasil observasi aktifitas siswa rerata pada siklus I 88,88% dan pada siklus II 90,55 %. Selain itu dapat dilihat hasil post test menunjukkan pada siklus I rerata sebesar 4,9 mengalami peningkatan sebesar 3,2 menjadi 8,1 pada siklus II. Daya serap siswa yang diperoleh pada siklus I yakni 49,5% meningkat menjadi 80,13% pada siklus II.

Kata kunci: pemahaman konsep, macromedia flash MX



About smartlearner
I'm only ordinary people..., integrity, indeferrent... (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: