PROSES BELAJAR MENGAJAR

Belajar menurut KBBI (1996) adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Menurut pengertian ini, belajar merupakan suatu proses suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan pengubahan kelakuan (Hamalik, 2008).

Belajar sebagai proses atau aktivitas disyaratkan oleh banyak sekali hal-hal atau faktor-faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar itu adalah banyak sekali macamnya. Faktor-faktor itu dapat diklasifikasikan:

  1. Faktor-faktor stimuli belajar

Stimuli belajar yang dimaksud disini yaitu segala hal di luar individu yang merangsang individu itu mengadakan reaksi atau perbuatan belajar. Stimuli disini mencakup materiil, penegasan, serta suasana lingkungan eksternal yang harus diterima atau dipelajari oleh si pelajar. Faktor-faktor ini adalah panjangnya bahan pelajaran, kesulitan bahan pelajaran, berartinya bahan pelajaran, berat ringannya tugas, suasana lingkungan eksternal.

  1. Faktor-faktor metode belajar

Metode mengajar yang dipakai guru sangat mempengaruhi metode belajar yang dipakai oleh si pelajar. Dengan perkataan lain metode yang dipakai oleh guru menimbulkan perbedaan yang berarti bagi proses belajar. Faktor-faktor metode belajar meliputi: kegiatan berlatih atau praktik, overlearning dan drill, resitasi selama belajar, pengenalan tentang hasil-hasil belajar, belajar dengan keseluruhan dan bagian-bagian, penggunaan modalitas indra, penggunaan dalam belajar, kondisi-kondisi insentif.

  1. Faktor-faktor individual

Selain faktor-faktor stimuli dan metode belajar faktor-faktor individual sangat besar penngaruhnya terhadap belajatr seseorang. Adapun faktor-faktor ini meliputi: kematangan, usia kronologis, perbedaan jenis kelamin, pengalaman sebelumnya, kapasitas mental, kondisi kesehatan jasmani, kondisi kesehatan rohani, motivasi (Soemanto, 1998).

SUMBER

Anonim 1. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Soemanto, Wasty.1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

About smartlearner
I'm only ordinary people..., integrity, indeferrent... (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: