PERANG INFORMASI

Suatu kenyataan  yang tak bisa dielak bahwa saat ini era perang informasi. Jutaan orang telah menggunakan “high teknology: internet” dalam hidup kesehariannya. Fasilitas ini bisa didapatkan  dalam ponsel yang bisa dibilang barang wajib. Akses informasi menjadi suatu kebutuhan yang penting. Membaca berita  up to date seolah-olah makanan sehari-hari bagi jiwanya. Berbagi informasi sebagai wujud aktualisasi diripun dilakukan di internet sudah bukan hal rumit lagi, tak perlu punya komputer untuk bisa menjadi netter.

Akhir-akhir ini kitapun mendengar kabar bahwa akhir tahun lalu ± desember 2009 bahwa situs jejaring sosial friendster telah diakuisisi oleh sebuah perusahaan di Malaysia.  Negara Malaysia??

Pada 19 januari dapat info di salah satu tv swasta bahwa situs search engine raksasa di dunia digandeng Prancis untuk kerjasama. Negara Prancis??

Awal Januari dikabarkan bahwa Jepang telah meluncurkan blog dan tweeter sendiri untuk negaranya. Negara Jepang??

Negara Jepang memang tak ketat seperti Cina, kenyataannya mereka terbukti produktif yang memang Jepang terkenal sebagai macan Asia. Teknologi sudah bukan taraf konsumsi tapi produksi. Terbukti  memiliki blognya sendiri itu.

Negara lain?? Lihat saja Cina. Negara ini terkenal dengan great wall dimana-mana yang memang tembok besar adanya di cina). Cukup “banyak” website yang diblockade di negara ini. Hal yang paling hebat adalah blogspot tak bisa dibuka di negara ini. Memang kabar terakhir  cukup mencengangkan bagi saya adalah hacker Cina menjebol google? Akibatnya dikabarkan bahwa google akan hengkang dari Cina. Terlebih hackernya adalah abg gadis remaja. FANTASTISS!! Selain itu facebook di negara saya tercinta: Indonesia banyak yang memiliki akun di situs jejaring ini,  ternyata di cina juga tak bisa dibuka. Facebook tak bisa digunakan disana, yang memang facebook sudah cukup beberapa negara juga memblockadenya gara-gara sempat dikabarkan melanggar privasi user. Negara itu adalah kanada dll.  Sistem blockade ini keren dan hebat juga menurut saya  kalau dipikir. Jika netter negara lain ingin berhubungan  ,misal chat , webcam_an, bagi info via blog   tentu harus menggunakan  website yang tidak di blockade di negeri cina tersebut. Bayangkan jika netter negara luar cina akan berhubungan via internet dengan netter cina. jika demikian, maka  harus menggunakan ‘software’ atau mudahnya website yang tidak diblockade di Cina. Kalu demikian bearti netter lain  secara tidak langsung memberikan dollar alias penghasilan bagi Cina?? Jika Cina hanya  mengizinkan website tertentu  dinegaranya  yang mungkin hasil produk negaranya sendiri  bearti juga lebih mudah untuk mengatur mengendalikan jaringan internetnya. Untuk aplikasi chat negra cina punya sendiri.  Negara ini meskipun terkenal Great Wall  tetapi kenyataannnya kecanggihan informasi teknologinya tak ketinggalan dan terbukti  bisa “menjebol” googol (aslinya gitu ya? J lalu informasi search engine pun kemungkinan dibuat sendiri kali ya? Apakah itu bearti informasi diperoleh secara “terbatas” di negara itu??

Amerika? Tak perlu ditanya. Disana kalau ingin mendapatkan  informasi juga mudah mendapatkan. Mereka sudah terbiasa dengan komunitas dalam internet dunia maya untuk berdiskusi atau yang lainnya.

Sangat terlihat  bahwa negara-negara besar di dunia memiliki sistem sendiri untuk mengatur  perkembangan teknologi informasi atau bahasa mudahnya bagi saya adalah ilmu pengetahuan teknologi  (iptek, internet?) berkaitan dengan internet memang semua memiliki aturan sendiri  termasuk  negara kita. Melihat  fakta di sejumlah negara maju ternyata semua terkait dengan karakteristik idiologi negaranya.

Mengingat sebuah kata dalam buku pancasila? “teknologi  dicipta untuk manusia bukan manusia untuk teknologi ?” hemm.

[inspirasi, diskusi bulan januari dengan sahabat  di negeri panda]

About smartlearner
I'm only ordinary people..., integrity, indeferrent... (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: