Citrus hystrix

BAB I

PENDAHULUAN

A. Penyebaran

Citrus sp. (jeruk) adalah tanaman tahunan yang termasuk ke dalam famili rutaceae. Asal mula tanaman ini adalah Asia Tenggara terutama Cina (Sunaryono, 1989)

Dari sejumlah ekspedisi Nikolal Ivonovih Vovilov (1887-1942) seorang botani soviet menemukan tiga sentrum daerah asal suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yaitu dataran Cina, India, dan Indo Malaya Di dataran Cina terdapat plasma nutfah berbagai jenis jeruk (Citrus sp.), di India ditemukan jeruk manis (C. sinensis), jeruk keprok (C. nobilis), dan jeruk lemon (C. medica). Sedangkan di kawasan Indo Malaya ditemukan jeruk purut (C. hystrix) dan jeruk besar (C. gandis) (Anonim, 1994).

B. Nilai Ekonomi

Di Indonesia daun jeruk purut sering digunakan sebagai bumbu dapur pada berbagai masakan. Buahnya sering digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan atau daging ayam.

Nilai lainnya jeruk purut dapat digunakan untuk membuat shampoo anti ketombe (Anonim, 2002)

C. Aspek Farmakologis
Buah jeruk selain kaya vitamin dan mineral juga mengandung zat ‘bioflavonoid’ yang berguna untuk mencegah tercegahnya pendarahan pada pembuluh nadi , kemudian mental dan fisik, serta mengurangi luka memar (bruise) (Agusta, 2000).

Jeruk purut juga memiliki khasiat sebagai anti sariawan, expectorant (obat batuk). Kupasan kulitnya mengurangi rasa sakit perut (Anonim, 2002)


BAB II

DETERMINASI DAN KLASIFIKASI

A.     Determinasi

1b – 2b – 3b – 4b – 6b – 7b – 9b – 10b – 11b – 12b – 13b – 14a – 15b (Golongan 9)

197b – 208b – 219b – 220b – 224 b – 225b – 227b – 229a (Familia Rutaceaea)

1b – 3b (Genus Citrus)

B. Klasifikasi

Divisio         : Spermatophyta

Sub divisio   : Angiospermae

Kelas          : Dicotyledonae

Ordo          : Rutales

Famili           : Rutaceae

Genus          : Citrus


BAB III

HABITATIO

A Habitus

Jeruk purut memiki susunan tubuh yang khas. Pohonnya kecil, dengan tinggi 12m. Batang hijau tua berbintik. Daun bulat telur dengan ujung yang tumpul. Ketiak daun berduri pendek yang bewarna hitam kecoklatan. Bunga majemuk, keluar pada ketiak daun dan bewarna putih. Mahkota bunga terdiri dari 4 – 5 helai. Kulit buah keriput ( Agusta, 2000 ).

B Habitat

Pada umumnya tanaman jeruk menghendaki tanah gembur, subur dan air tanah dangkal, akan tetapi tidak menggenang. Oleh karena itu pengaturan pengairan pada tanamn jeruk sangat penting. Tanah – tanah yang sangat cepat kehilangan air (porous) tidak baik untuk tanaman jeruk. Akan tetapi tanah – tanah yang mempunyai daya ikat yang tinggi dan tempatnya terbuka  (tidak ternaung) lebih – lebih yang berpengairan baik sekali untuk tanaman jeruk (Sunaryono, 1989)

Jeruk-jeruk jepun, citrus, kesturi, nipis, kumquat, dan lain sebagianya dapat hidup baik di dataran rendah maupun tinggi, pegunungan. Akan tetapi jeruk purut hanya dapat hidup di dataran rendah dengan iklim basah sekalipun (Sunaryono, 1989). Oleh karena itu tumbuh baik di daerah dataran (Agusta, 2000).

BAB IV

DESKRIPTIO

A.     Organa Nutriva

Organa nutriva atau alat hara ialah semua bagian tubuh tumbuhan yang secara langsung ataupun tidak langsung berguna untuk menegakkan kehidupan tumbuhan yaitu yang terutama berguna untuk penegakkan, pengolahan, pengangkutan, dan penimbunan zat –zat makanan (Tjitrosoepomo, 2003).

  1. Akar (Radix)

Sistem perakaran tanaman jeruk ialah tunggang. Merupakan sistem akar tunggang sebab akar lembaga tumbuh terus menjadi akar pokok yang bercabang–cabang menjadi akar–akar yang lebih kecil. Akar tunggangnya bercabang.

  1. Batang (Caulis)

Bagian batangnya bengkok atau bersudut, agak kecil, bercabang rendah tajuknya tidak beraturan, cabang – cabangnya rapat, dahan – dahannya kecil dan bersudut tajam, yang lebih tua bulat, bewarna hijau tua, polos, berbintik – bintik di ketiak daun. Durinya pendek kaku, berbentuk seperti cundrik, berwarna hitam, ujungya berwarna coklat dan panjangya 0,2 – 1 cm (Anonim, 1994).

Arah tumbuh batang tegak lurus (erectus), percabangannya monopodial. Merupakan batang berkayu (lignosus) dengan bentuk bulat.

  1. Daun (Folium)

Daun jeruk purut ini terpencar atau silih berganti, bertangkai, berdaun satu, bentuknya bulat telur, ujungnya tumpul, berbau sedap, berwarna hijau kuning,. Tangkai daun bersayap lebar, hampir menyerupai daun, berwarna hijau kuning (Anonim , 1994).

Permukaan helaian  daun  licin (laevis) dan mengkilap (nitidus), dagingnya tipis seperti kertas (papyraceus). Permukaan daun yang atas warna hijaunya lebih tua dan licin sedangkan bagian bawah warnanya agak kekuningan.bagian tepi jeruk purut ini rata (integer).

B. Organa Reproduktiva

Bagian tubuh tumbuhan yang dapat tumbuh menjadi individu baru dinamakan alat perkembangbiakan (Tjitrosoepomo, 2003).

  1. Bunga (flos)

Pada umumnya bunga jeruk bewarna putih, kecuali jeruk nipis dan jeruk purut bunganya agak bewarna ungu sampai merah. Bunga jeruk keluar dari ketiak daun atau pucuk ranting yang masih muda, berbau harum dan banyak mengandung nectar atau kelenjar madu (Soelarso, 2000).

Bunga jeruk purut majemuk, terletak pada ketiak daun atau pada ujung tangkai, berbau sedap. Tajuk bunga 4–5 lembar bulat panjang, benangsari 24–30, pada kakinya membesar ujungnya runcing (Anonim, 2000)

Pada dasar bunga seringkali terdapat semacam peninggian atau bantalan berbentuk cakram yang seringkali mempunyai kelenjar madu, misal pada Citrus sp. Kelenjar madu seperti di atas bakal buah dan melingkari tangkai kepala putik dinamakan Thalamiflorae. Pada benangsari kepala putik bulat, jelas duduk pada dasar bunga (Tjitrosoepomo, 2003).

  1. Buah (fruktus)

Bakal buah menumpang, bentuknya bulat dan bulat pendekatau elips. Buah jeruk tergolong buah sejati, tunggal dan berdaging. Oleh karena itu buah yang masak, tidak pecah. Satu bunga menjadi satu bakal buah saja. Dinding kulit tebal dengan lapisan yang kak, bau menyengat dan mengandung minyak atsiri. Lapisan ini disebut flavedo., bewarna hijau dan bisa  masak bewarna kuning atau jingga.Lapisan tengah seperti spon yanng terdiri atas jaringan bunga karang bewarna putih disebut albedo, sedangkan lapisan dalm bersekat membentuk ruang (Soelarso, 2000).Buah jeruk (hesperidium), buah ini dapat pula disebut buah buni (Tjitrosoepomo, 2003)

3. Biji (semen)

Jeruk purut dalam tiap ruangnya, bentuknya bewarna kuning keputihan. Apabila dibelah secara melintang dapt terlihat terbentuknya ruangan yang ada bijinya dan sekat – sekat yang memisahkan.

Biji jeruk mengalami poliembrioni, jika dari satu biji yang berkecambah kemudian muncul lebih dari satu tumbuhan baru.

BAB V

RINGKASAN

Jeruk purut (Citrus hystrix)  merupakan tanaman yang termasuk dalam familia Rutaceae yang dapat hidup di dataran rendah ataupun pegunungan. Jeruk purut ini mempunyai manfaat sebagai bumbu dapur, anti sariawan dan obat batuk.

Jeruk purut memiliki sistem perakaran tunggang dengan batang yang berduri. Susunan daunnya ialah berdaun majemuk dengan satu anak daun berbau wangi.

Alat perkembangbiakan jeruk purut yaitu terdapatnya bunga, buah dan biji. Bunganya keluar dari ketiak daun dan memiliki kelenjar madu. Sedangkan pada buah terdapat ciri khasnya yaitu kulit buah keriput.


DAFTAR PUSTAKA

Agusta, Andria.2000.Minyak Atsiri Tumbuhan Tropika Indonesia. ITB, Bandung

Direktorat Bina Sosial Budaya, 1994. Bertanam Pohon Buah – buahan 2. Kanisius, Yogyakarta

Soelarso, Bambang.2000. Budidaya Jeruk Bebas Penyakit. Kanisius, Yogyakarta

Soenaryono, Hendro. 1989. Pengenalan Jenis Tanaman Buah – buahan Bercocok Tanam Buah – buahan Penting di Indonesia. Sinar Baru, Bandung.

Van Steenis, C.G.G.J. 1992. Flora di Indonesia. PT Pradnya Paramita, Jakarta

http://www.isolotto.com/8.htm

About smartlearner
I'm only ordinary people..., integrity, indeferrent... (^_^)

One Response to Citrus hystrix

  1. solvapotter says:

    saya jual CD cara berkebun buah jeruk yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: